Chat kami Kaka

Tren desain interior saat ini memang selalu berubah-ubah setiap tahun. Namun untuk memberikan interior yang nyaman sepanjang waktu baik itu rumah, toko, kantor, atau tempat lainnya, Anda dapat memberikan sentuhan-sentuhan kecil untuk mengikuti perubahan selera desain.

Daftar Isi

    Untuk menghemat biaya, Anda dapat memilih detail interior dan model yang fleksibel sehingga tidak akan mudah berubah oleh tren. Untuk mendapatkan interior yang nyaman, berikut ini adalah beberapa tips yang wajib diperhatikan.

    Desain Interior Toko

    produk interior toko
    produk interior toko

    Bagi para pelaku usaha, mengatur desain interior toko yang menarik dapat membantu menarik lebih banyak pelanggan sehingga dapat meningkatkan keuntungan toko. Berikut ini adalah beberapa tips yang dapat diperhatikan dalam mendesain bagian interior sebuah toko apapun.

    • Menentukan Tema

    Untuk menentukan interior sebuah toko, pertama-tama tentukan dulu tema kreatif toko kecil. Tema tersebut sebaiknya disesuaikan dengan produk yang akan dijual di toko. Tidak ada batasan mengenai desain yang dipilih sehingga Anda dapat memilih desain apa saja. 

    Tetapi akan lebih menarik jika tema desain toko yang dipilih dapat menonjolkan produk yang dijual. Contohnya saat ini desain yang popular untuk café atau toko baju mengusung tema industrial. Kunci pemilihan desain yang sesuai adalah tema desain tidak mengganggu kenyamanan calon pembeli ketika berbelanja.

    • Memperhatikan Tata Letak Produk Display

    Bagian interior toko wajib didesain untuk memberikan kemudahan akses bagi calon pembeli ketika mereka masuk dan menjelajah ke seluruh bagian toko. Pembeli sebaiknya sudah diarahkan untuk melihat-lihat dari bagian pintu masuk menuju ke rak display terdekat dari pintu, kemudian ke rak berikutnya.

    Intinya, furniture harus diletakkan di tempat yang strategis. Caranya tata display secara berhadap-hadapan misalnya memberikan jarak untuk kedua rak. Jarak tersebut dapat digunakan sebagai ruang akses bagi calon pembeli. Untuk ruang yang terbatas, toko kecil dapat memanfaatkan dinding untuk memasang display berupa rak terbuka sehingga produk yang dijual dapat langsung dikenali oleh calon pelanggan

    Desain Interior Kantor

    interior desain kantor
    desain interior ruang kantor untuk meningkatkan produktifitas kerja

    Interior sebuah kantor juga wajib menjadi perhatian para pengusaha untuk meningkatkan produktivitas karyawan. Pasalnya, jika karyawan perusahaan produktif, perkembangan bisnis perusahaan juga akan semakin baik. Berikut ini adalah beberapa cara membuat desain ruang kerja kantor sehingga dapat meningkatkan produktivitas

    • Open Space

    Yang dimaksud open space di sini adalah membuat interior kantor tanpa sekat. Cara ini akan membuat sesama karyawan lebih mudah berkomunikasi dan berinteraksi satu sama lain. Dengan kemudahan interaksi dan komunikasi, anggota karyawan akan memiliki hubungan yang lebih erat dan dekat.

    • Optimalkan Pencahayaan Alami

    Berdasarkan riset, kualitas pencahayaan di kantor dapat berpengaruh terhadap produktivitas, semangat kerja, dan kesehatan karyawan. Interior kantor dapat ditata ulang dengan mengoptimalkan pencahayaan alami dari sinar matahari. Cara ini selain menghemat pemakaian listrik juga memiliki peranan besar terhadap kesehatan serta dapat membunuh organisme yang dapat merugikan.

    Sementara itu untuk titik yang tidak terjangkau.oleh sinar matahari, gunakan pencahayaan berdasarkan fungsi ruangan tersebut. Tujuannya adalah untuk mendapatkan pencahayaan yang efektif. Contohnya, lampu yang dipasang di langit-langit atau plafon ruangan untuk menghasilkan pencahayaan yang lembut serta merata di seluruh ruangan.

    • Area Santai di Sudut Ruangan

    Saat bekerja, ada kalanya karyawan merasa suntuk dan stress. Jadi interior kantor sebaiknya dilengkapi dengan area untuk bersantai. Caranya, cukup manfaat sudut ruangan di kantor yang tidak terpakai dengan sofa dan karpet

    • Warna Ruangan

    Warna menjadi pilihan penting untuk dipertimbangkan dalam interior kantor. Putih menjadi warna yang popular digunakan. Selain putih, pilihan warna yang menarik adalah biru. Warna ini mampu merangsang individu agar dapat menghasilkan karya yang berkualitas.

    Sementara itu warna hijau melambangkan alam dan memberikan suasana santai sehingga dapat mengurangi stress. Pilihan lainnya adalah warna kuning. Warna ini dipercaya dapat meningkatkan optimism sehingga karyawan akan lebih berkonsentrasi saat bekerja

    • Furniture Ergonomis

    Penataan perabot juga menjadi hal yang penting untuk diperhatikan.karena berpengaruh terhadap kenyamanan. Ketika karyawan merasa nyaman, tingkat produktivitas kerjanya pun akan ikut meningkat. Jadi pastikan untuk mengatur perabotan dengan baik seperti kursi, meja, dan furniture lainnya.

    • Ruang Tunggu yang Nyaman

    Bagi perusahaan yang sering menerima tamu atau ingin memiliki kesan interior yang lebih professional, kantor tersebut perlu dilengkapi dengan lobi atau ruang tunggu. Pastikan lobi tersebut memiliki desain yang nyaman dengan kesan menarik dan ramah. Cukup sofa empuk dan meja resepsionis kecil untuk memberikan kesan pertama yang ramah dan professional bagi tamu.

    Desain Interior Rumah

    Selain tempat kerja dan tempat umum, rumah juga menjadi salah satu bangunan dengan desain interior yang wajib diperhatikan. Apalagi rumah juga menjadi hunian di mana orang-orang menghabiskan waktu paling lama baik untuk berkumpul bersama keluarga, beristirahat, dan melakukan berbagai aktivitas lainnya.

    Setiap ruangan perlu memiliki interior sedemikian rupa agar lebih nyaman dan mampu menjalankan fungsinya secara optimal. Berikut ini adalah beberapa tips untuk mendesain bagian interior rumah.

    • Desain Interior Kamar Tidur

    Ini adalah tempat yang berfungsi sebagai ruangan untuk beristirahat, tidur, atau beberapa aktivitas lainnya. Ketika hendak mulai mendesain, utamakan fungsi dari ruangan tersebut. Biasanya kamar tidur mungil akan terlihat sempit. Jadi pilihlah perabot dan furniture yang wajib ada di kamar seperti tempat tidur, lemari pakaian. 

    Dengan furniture yang sedikit, ruangan ini juga lebih mudah dibersihkan. Jika memungkinkan, Anda juga dapat menambahkan meja kerja atau meja rias di kamar tidur.

    • Desain Interior Kamar Mandi

    Kamar mandi sebenarnya juga dapat menjadi fokus untuk desain interior rumah minimalis. Untuk desain yang nyaman, buatlah kamar mandi dengan dinding bercat dan shower sehingga tidak perlu menggunakan bak mandi.

    Pilih salah satu dinding untuk fokus utamanya. Anda dapat memakai berbagai gaya untuk desain kamar mandi seperti menggunakan cat berwarna cerah atau memilih motif yang disukai. Agar lebih mudah, Anda dapat menggunakan wallpaper agar lebih menarik

    Dapur juga menjadi salah satu bagian penting interior. Sesuaikan kitchen set dengan tema rumah. Pastikan kitchen set tersebut dapat mengakomodasi berbagai peralatan dapur seperti kompor, lemari es, dan lainnya. Pastikan untuk memilih warna dan desain yang senada.

    Sebelum mendesain kitchen, pastikan dulu ukuran kulkas dan kompor. Setelah itu, Anda dapat mendesain kitchen set tersebut. Agar dapur terlihat lebih rapi, pilihlah yang memiliki banyak lemari dan laci sehingga barang-barang dapur dapat disimpan di dalamnya. Selain itu dapur juga dapat dihias dengan beberapa hiasan seperti vas bunga, tetapi jangan berlebihan. Demikian sedikit tips desain interior untuk berbagai ruangan mulai dari toko, ruang kerja, hingga rumah hunian. Kunci utama dari desain tersebut adalah memastikan bahwa ruangan tersebut nyaman untuk menjalankan fungsi utamanya.


    0 Komentar

    Tinggalkan Balasan

    Avatar placeholder

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.