Chat kami Kaka
KONTRAKTOR PAMERAN BALI

Pameran merupakan sebuah ajang yang biasanya dilakukan untuk mempromosikan produk – produk tertentu dari berbagai produsen atau penyedianya kepada konsumen khusus yang menghadiri pameran tersebut. Selain sebagai ajang promosi, pameran biasanya digunakan sebagai ajang untuk meluaskan bisnis karena pada ajang pameran lah orang – orang berpengaruh dan memiliki relasi luas tentang suatu produk tertentu akan hadir. 

Jadi, jika produk Anda cocok dengan tema pameran yang akan berlangsung, ini merupakan kesempatan emas yang jangan sampai dilewatkan begitu saja. Salah satu hal yang paling berpengaruh untuk menarik orang agar melihat produk Anda pada saat pameran adalah desain stand pameran Anda. lalu bagaimana membuat desain stand pameran unik yang bisa menarik orang agar mau mengunjungi booth Anda?

Berikut beberapa tips yang bisa Anda terapkan pada desain stand pameran Anda agar terlihat menarik dan membuat stand Anda menjadi ramai pengunjung.

Penataan Pencahayaan

Salah – unsur paling penting dalam menarik perhatian orang agar mau berkunjung ke booth Anda adalah Penataan Cahaya. Dengan penerangan yang merata di segala sisi, hal ini akan membuat stand pameran Anda menjadi lebih terlihat dibanding stand yang lain. selain itu, efek pencahayaan juga akan membuat semua produk, banner serta area stand akan lebih terlihat jelas walaupun dari kejauhan.

Selain sebagai sumber cahaya, pencahayaan juga berfungsi sebagai pendukung elemen estetika yang menonjolkan karakter dari stand Anda. dengan pencahayaan yang tepat secara tidak langsung Anda sudah melakukan komunikasi dengan menyampaikan pesan tentang produk Anda kepada pengunjung pameran. Pastikan juga bahwa susunan gambar dan tulisan di booth Anda jelas, dan dengan didukung oleh pencahayaan yang terang, maka secara tidak langsung juga akan meningkatkan tampilan yang berkualitas.

Adapun sistem pencahayaan pada desain stand pameran yang bisa Anda lakukan terbagi dalam tiga yaitu :

a. Pencahayaan Utama

Pencahayaan Utama berfungsi sebagai sumber penerangan utama. Lokasi pencahayaan utama ini dapat diletakkan di bagian tengah berdiri.  Atau jika area yang akan membutuhkan pencahayaan berdiri luas, dapat ditempatkan di beberapa secara simetris dan merata. Tujuan dari penggunaan pencahayaan utama adalah untuk menghasilkan cahaya yang terang dan merata di segala sisi. 

b. Pencahayaan Sebagai Penegas Fungsi (Task Lighting)

Task lighting  merupakan pencahayaan yang fokus pada area tertentu yang akan menonjolkan karakter dari stand pameran Anda. Task lighting dapat ditempatkan di rak pameran atau area yang berbeda dengan area utama dan akan jauh lebih menarik apabila diterapkan pada desain stand pameran indoor.

c. Pencahayaan Aksen

Pemasangan aksen pencahayaan pada umumnya berfungsi untuk menyorot produk tertentu agar menjadi lebih terlihat. Penggunaan cahaya lampu sorot sangat umum digunakan sebagai aksen pencahayaan. Selain itu jenis lampu dinding juga dapat digunakan untuk menghasilkan aksen cahaya pada dudukan. Pencahayaan jenis ini dapat digunakan untuk menyorot dan memberikan fokus pada suatu  logo perusahaan maupun produk yang ada di booth.

Desain Warna Yang Menarik

Warna adalah salah satu hal penting yang menentukan identitas dan karakter dari bisnis Anda. Warna juga akan menentukan penampilan visual dari stand dan secara keseluruhan desain stand pameran Anda menjadi terlihat menarik atau tidak. 

Suasana dan efek psikologi yang dihasilkan warna pun berbeda – beda, tergantung dari kepiawaian Anda menentukan kombinasi warna yang tepat. Berikut adalah pilihan warna dengan masing – masing efek daya tariknya terhadap penglihatan orang.

  • Merah,
    Merupakan sebuah warna yang intens. Warna yang cerah dan menyolok ini sangat menarik minat banyak pengunjung. Warna merah identik dengan pusat perhatian dan energi yang besar.
  • Jingga,
    Menimbulkan rasa keberanian dan kegembiraan. Warna ini biasanya menimbulkan efek kebahagiaan hidup dan daya tahan.
  • Kuning,
    Dapat menimbulkan efek ceria, bahagia, energi dan kekuatan mental. Warna kuning identik dengan nuansa cahaya, rasa ceria dan positif, kreativitas, serta motivasi.
  • Hijau,
    Merupakan warna yang pertumbuhan dan kesahajaan. Hijau identik dengan nuansa alam, warna yang melambangkan kejujuran serta kesehatan.
  • Biru,
    Adalah warna yang umum digunakan untuk merk dagang dan perusahaan. warna ini sering melambangkan kepercayaan, tanggung jawab dan rasa tenang.
  • Ungu,
    Sering menyukai kreativitas dan kemewahan, seperti halnya bangsa Romawi yang selalu mengagungkan warna unik. warna ini biasanya melambangkan kecanggihan, loyalitas dan kenangan indah.
  • Coklat,
    Merupakan warna yang menunjukkan kesederhanaan, bersahaja dan menonton. Warna coklat biasanya digunakan untuk melambangkan  alam dan kesederhanaan.
  • Putih,
    Merupakan warna yang mewakili kebersihan, kemurnian dan awal yang baru. Warna putih identik dengan pencarian dan kesempurnaan.
  • Hitam,
    Merupakan warna formal yang elegan dan berkelas. hitam disini sering melambangkan otoritas, nilai, kelas dan modernitas.

Kata atau Kalimat yang Memikat

Dalam menentukan suatu grafik pada desain stand pameran membutuhkan kecerdasan dalam pemilihan kata serta penggunaan desain tulisan, misalnya jenis font dan ukurannya. Sebelum menentukan tulisan grafis, ada baiknya Anda mencari referensi kata dari beberapa iklan minimal 10 iklan berbeda. 
Contoh desain stand pameran yang baik adalah menggunakan kalimat memikat yang terdiri dari maksimum 10 kata, kalau bisa kurang dari itu. Karena kalimat yang terlalu panjang, justru akan membuat kehilangan makna dan kesempatan 3 detik pertama menarik perhatian pengunjung melalui tulisan akan hilang dengan sia-sia.

Penggunaan Perangkat Teknologi

Untuk menunjukkan kesan desain stand pameran modern, Anda dapat mengkolaborasikan desain stand pameran Anda dengan penggunaan fitur audio visual yang canggih. Penggunaan gambar virtual atau reality display sangat memungkinkan digunakan. Apalagi jika produk yang Anda jual juga berbasis teknologi serta didukung dengan infografis yang tepat. Hal ini akan mudah dilaksanakan dan menambah nilai jual produk Anda.

Tampilan Produk

Untuk menampilkan produk sebaiknya tidak terlalu banyak dan hanya menonjolkan produk utama/terbaru. Usahakan agar penempatan produk dapat terlihat jelas oleh pengunjung. Jika produk yang ditawarkan adalah Gadget, maka sebaiknya memberikan tampilan produk yang dapat memudahkan pengunjung untuk mencoba produk tersebut. Adapun contoh desain stand pameran yang cocok adalah dengan menggunakan etalase kaca dengan pencahayaan LED, untuk membuat produk menjadi lebih mudah terlihat.

Promosi

Siapkan semua tentang promo apa saja yang akan ditawarkan saat pameran sedang berlangsung. seperti promo diskon, buy 1 get 1, cashback, voucher belanja, hadiah dan lain – lain yang mampu membuat pengunjung menjadi tertarik untuk melakukan pembelian produk bisnis Anda, karena dirasa lebih menguntungkan dan pastinya menjadi lebih murah.

Nah, itulah 6 tips untuk membuat stand pameran Anda menjadi pusat perhatian dan ramai pengunjung. Jika Anda ingin membuat tampilan desain stand pameran Anda menjadi pusat perhatian, silahkan kunjungi laman kami di DesainStand.com disana kami menawarkan beberapa opsi yang bisa Anda pilih sendiri untuk mendapatkan biaya desain stand pameran yang sesuai dengan kriteria serta kebutuhan Anda.


0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.