Chat kami Kaka

Seorang desainer pasti membutuhkan perlengkapan yang lengkap dalam mengerjakan tugasnya dalam membuat desain, perlengkapan tersebut di antaranya ialah VGA Card yang merupakan perangkat keras untuk rendering . Bagi seorang desainer, fungsi VGA card ialah untuk menggambar dan membuat desain grafis, selain itu juga untuk menyimpan data hasil dari desain serta membantu menampilkan desain pada layar secara maksimal.

Sayangnya, saat ini VGA Card untuk design mengalami kelangkaan yang membuat ketersediaannya menjadi terbatas, padahal kebutuhan menjadi sangat begitu tinggi. Apa yang menyebabkan langkanya VGA Card untuk designer?

Sulitnya Ketersediaan Bahan Baku

Pada dasarnya, komponen untuk membuat VGA adalah penggunaan GPU. GPU atau Graphics Processing Unit merupakan sirkuit untuk memodifikasi data dan memori untuk mempercepat proses pembuatan gambar. Kelangkaan GPU ini terjadi karena pasokan chip semikonduktor menurun akibat adanya pandemic, sehingga mengalami kesulitan dalam mengimbangi permintaan yang selalu tinggi. Oleh karena hal ini, harga GPU yang berada di pasaran dijual dengan harga yang sangat tinggi.

vga card miner
vga card miner

Permintaan Tinggi, Pasokan Menurun

Dikarenakan komponen yang sulit didapatkan, hal ini mempengaruhi pada pembuatan VGA yang semakin dibatasi yang membuat ketersediaan VGA semakin menurun sehingga orang-orang berlomba-lomba untuk mendapatkannya. Dikarenakan permintaan yang semakin tinggi namun pasokan yang semakin menurun, memberikan dampak pada harga jual yang semakin melonjak tinggi.

Ketersediaan Barang yang Diborong Pihak Lain

Selain gamers dan desainer, VGA juga dibutuhkan untuk Tambang Cryptocoin, sebuah mata uang virtual. Ketersediaan barang yang mengalami penurunan, membuat Cryptocoin dengan sigap memborong VGA untuk kebutuhannya, sehingga gamers dan desainer harus lebih berusaha lagi dalam mencari ketersediaan VGA dengan harga yang wajar.

Proses Impor-Ekspor Internasional yang Melambat

Adanya pandemi menjadi salah satu penyebab langkanya VGA, pandemi membuat proses ekspor dan impor secara  internasional mengalami banyak kendala yang membutuhkan waktu lebih lama lagi dalam memproses ekspor dan impor VGA, perlambatan ini ekspor dan impor ini terjadi terutama pada pengiriman jalur laut.

Penjualan dengan Harga yang Tidak Wajar

Mendapatkan kabar tentang langkanya ketersediaan VGA, membuat beberapa pihak atau oknum memanfaatkan situasi ini dengan membeli banyak produk dan menjualnya kembali di pasaran dengan harga kartu VGA yang tidak wajar. Perbandingan harga normal dengan harga yang dibandrol oleh para pihak dan oknum tersebut memiliki rentang yang sangat jauh, dan membuat para desainer harus pergi mencari VGA lain dengan harga yang wajar. Kelangkaan VGA bagi desainer menjadi masalah serius karena fungsi VGA itu sendiri yang sangat berjasa dalam proses pembuatan design dan penyimpanannya. VGA yang semakin lama semakin dijual dengan harga yang fantastis, lantas memerlukan adanya solusi untuk menangani kasus ini. Mengatasi langkanya VGA card untuk designer, Nvidia perusahaan teknologi multinasional Amerika dan MDA mengeluarkan dan membangkitkan inovasi sebagai salah satu upaya mengatasi kelangkaan VGA Card.

Produksi kembali RTX 2060 dan GTX 1050 TI oleh Nvidia
Produksi kembali RTX 2060 dan GTX 1050 TI oleh Nvidia

Produksi kembali RTX 2060 dan GTX 1050 TI oleh Nvidia

RTX 2060 diyakini oleh Nvidia mampu mengatasi kelangkaan VGA card karena proses produksinya yang masuk dalam kategori mudah, RTX 2060 juga memiliki keunggulan berupa kecepatannya yang layak diacungi jempol dan memberikan performa yang baik untuk game dan design. Sedangkan untuk GTX 1050 TI, diluncurkan kembali oleh Nvidia untuk mengatasi permintaan VGA card yang semakin tinggi dan menjadi salah satu alternatif yang bisa diberikan untuk para gamers dan designers yang membutuhkan.

Pembatasan Kegunaan RTX 3070 dan RTX 3080
Pembatasan Kegunaan RTX 3070 dan RTX 3080

Pembatasan Kegunaan RTX 3070 dan RTX 3080

Salah satu penyebab semakin langkanya kartu VGA bagi gamers dan designers adalah karena pembelian dari cryptocoin yang semakin tinggi, dengan begitu Nvidia memberikan solusi agar ketersedian VGA card tetap stabil yakni dengan membatasi fungsi penambangan uang digital dari RTX 3070 dan RTX 3080. Dengan pembatasan kegunaan dari kedua VGA card tersebut, diharapkan Cryptocoin tidak terlalu atau bahkan tidak lagi melirik RTX 3070 dan RTX 3080 untuk kepentingan tambangnya, sehingga gamers dan designers bisa memiliki pasokan VGA yang lebih banyak lagi. Di tengah langkanya VGA card untuk gamer dan desainer, para penggiat VGA Card tetap berusaha untuk menciptakan dan meluncurkan produk-produknya di pasar umum, berikut adalah kartu VGA yang direkomendasikan untuk para gamers dan designers.

VGA Card untuk Gamers dan Desainer

MSI GeForce GTX 1050 4GT OC
MSI GeForce GTX 1050 4GT OC

MSI GeForce GTX 1050 4GT OC

VGA card dari Nvidia ini memiliki banyak keunggulan terutama bagi para gamers, performa grafis yang tangguh dan daya yang sangat besar, membuat grafis untuk game menjadi lebih halus dan terhindar dari lag. Jenis kartu VGA ini juga memiliki ketahanan sangat lama yang mampu bertahan sampai 10 tahun ke depan. GTX 1050 4GT OC ini memiliki jenis memori GDDR5 dengan bandwidth 7 GB/s, sistem pendingin menggunakan aftermarket dan memiliki kapasitas sebesar 4GB. VGA card tipe ini dibandrol dengan harga mulai dari 2.187.000 rupiah.

GTX 1650 AERO ITX 4G OC Geforce
GTX 1650 AERO ITX 4G OC Geforce

GTX 1650 AERO ITX 4G OC Geforce

VGA card ini merupakan kartu grafis dengan keunggulan yakni body VGA yang bisa disesuaikan dengan dengan casing pada perangkat, hal ini dikarenakan VGA card ini memiliki body yang kecil dan ringan. Kartu VGA ini memiliki jenis memori GDDR5 dengan bandwith 8 GB/s, menggunakan sistem pendingin Aftermarket dan memiliki kapasitas sebesar 4 GB. VGA card ini dibandrol dengan harga 2.302.000 rupiah.

LEADTEK Quadro P400
LEADTEK Quadro P400

LEADTEK Quadro P400

VGA card dari Nvidia ini sangat cocok untuk para designer, hal ini dikarenakan rancangannya yang diperuntukan khusus untuk para designers profesional. Leadtek Quadro P400 terdiri dari gabungan empat GPU Quadro yang membuat performa grafis menjadi lebih maksimal dan telah dilengkapi dengan 100 independent software vendors seperti, Adobe, Autodesk dan sejenisnya yang sudah terverifikasi. VGA card ini memiliki jenis memori GDDR5 dengan bandwidth 32 GB/s, dilengkapi dengan sistem pendingin Aftermarket dan memiliki kapasitas sebesar 2 GB. Leadtek Quadro dibandrol dengan harga 3.290.000 rupiah.

EADTEK Quadro P4000
EADTEK Quadro P4000

LEADTEK Quadro P4000

VGA card ini sangat cocok untuk para pekerja profesional yang menggunakan aplikasi-aplikasi berat, karena kegunaan VGA card ini dirancang untuk para pekerja pada bidang visual grafis dan video. Leadtek Quadro P4000 ini dilengkapi dengan arsitektur Pascal 1.792 core CUDA Nvidia yang mampu memberikan daya komputasi sampai pada 5,3 teraflops, dan penggunaan dari VGA card ini mampu mendukung empat layar dengan resolusi 5k dan mendukung output VR. VGA card ini memiliki jenis memori GDDRS dengan Bandwith 243 GB/s, menggunakan sistem pendingin Aftermarket dan memiliki kapasitas sebesar 8 GB. Leadtek Quadro dibandrol dengan harga 14.784.700 rupiah,

Kasus langkanya VGA card untuk designer memang menjadi masalah penting bagi para penggiat teknologi seperti gamers, designers dan cryptocoin. Namun gerakan dari para penanggung jawab penyedia terhitung berhasil dengan baik dalam mengatasi kasus tersebut.


0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.